Pasangan Mustofa – Choirun Nisa Pemenang Pemilukada 2010

Hasil Rekapitulasi KPU Kabupaten Mojokerto
oleh : prayogi waluyo
Dimuat : tabloid swara rakyat ed 35

ketua-dan-anggota-kpu-pimpin-rapat-pleno-terbuka-rekapitulasi-penghitungan-suara-pemilukada-mojokerto-2010.j


Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Mojokerto menetapkan pasangan H. Mustofa Kamal Pasa SE – Dra. Hj. Choirun Nisa, MPd sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Mojokerto terpilih dalam Pemilukada 2010. Hasil Rapat PlenoTerbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara menunjukkan pasangan nomer urut 1 ini mengantongi suara sah 388.417 dari 18 Kecamatan.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilukada Mojokerto tahun 2010 yang diselenggarakan KPUD Mojokerto (Kamis, 10/6) mendapat pengawalan cukup ketat dari petugas. Sedikitnya 1.500 personil kepolisan gabungan dari Kepolisian Kabupaten dan Kota serta bantuan Kepolisina Daerah Jawa Timur siaga di dalam dan depan kantor Jalan RA. Basuni.

Pengamanan cukup ketat terlihat dari setiap undangan yang hadir harus meliwati pemeriksaan petugas kepolisian yang menggunakan alat detektor. Saking ketatnya pengamanan, para wartawan yang hendak melakukan tugas peliputan hanya boleh masuk apabila sudah terdaftar dan mendapatkan indentitas khusus dari KPU. “ Wartawan yang boleh masuk untuk meliput hanya mereka yang memakai indentitas khusus dari kami,” ujar Dra. Tri Samiati Kasubag KPUD memberi penjelasan pada petugas kepolisian.

Pengamanan cukup ketat dilakukan petugas kepolisian


Ketatnya pengamanan ini, mengingat selama pelaksanaan Pemilukada Mojokerto terjadi beberapa aksi kerusuhan. Bahkan terkait aksi demo anarkis oleh pendukung bakal calon gagal, Dimyati Rosyid, dan diakui oleh Kapolda Jatim sebagai proses Pemilukada di Jatim paling rusuh selama ia menjabat. Hingga orang nomer satu di kepolisian Jatim menyatakan siaga 1 untuk Mojokerto. Dengan pengamanan cukup ketat ini pelaksanaan berlangsung aman dan lancar.

Rapat Pleno Terbuka KPU Kabupaten Mojokerto yang dimulai sekitar pukul 10.30 di halaman dalam kantor KPU tidak dihadiri Bupati dan Wakil Bupati selaku Muspida. Heru Effendi, anggota KPU menjelaskan sesuai undangan acara ini dihadiri oleh Muspida Kabupaten, Muspika,Kepala Desa Kecamatan Sooko, PPK seluruh kecamatan, saksi dari masing-masing calon dan yang dipilih KPU serta insan pers.

Menjelang acara penyampaian penghitungan suara oleh petugas PPK dari 18 kecamatan ada interupsi dari Hariyanto salah satu saksi pasangan calon nomer 2 – Wasis. Ia mempertanyakan kinerja Panwas Kecamatan terkait adanya money politik serta minta Rekapitulasi Penghitungan Suara dilakukan mulai dari masing-masing TPS. Namun Ayuhanafiq Ketua KPU sekaligus yang memimpin acara ini tidak mengabulkan permintaan poin 2 karena KPU hanya merekap saja.

PPK Kecamatan Sooko menyampaikan hasil penghitungan akhir


Laporan hasil penghitungan suara yang disampaikan PPK masing-masing kecamatan, ada saksi dari nomer urut 2 dan nomer urut 3 keberatan menandatangani yakni Kecamatan Trowulan dan Kemlagi karena dinilai adanya money politik. Bambang Wahyu Adi Ketua Panwas kepada wartawan mengatakan masih belum ada laporan secara resmi yang masuk. “ Hingga kini masih nol. Tidak ada laporan terkait pelanggaran selama pemilukada Mojokerto,” katanya.

Diakhir acara sekaligus menutup Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara, Ayuhanafiq mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung selama proses pelaksanaan Pemilukada. Ia bangga bisa mencapai partisipasi hingga 77% yang tergolong bagus untuk di Jawa Timur.

Selanjutnya, kepada wartawan Ayuhanafiq mengatakan berita acara penetapan pemenang Pemilukada Mojokerto 2010 akan ditetapkan 1 hari setelah acara penetapan. Sedangkan pelantikan akan dilaksanakan 18 Oktober mendatang.

saksi-dari-pasangan-mustofa-nisa-suwandi-iswayudi-khoirul-badik-yaisd-kohar-berjabat-tangan-damai.jpg


Suasana demokrasi nampak sekali selama acara berlangsung hingga akhir. Bahkan diakhir acara saling bersalaman antara saksi dari pasangan Mustofa – Nisa (Manis) Suwandi-Wahyudi Iswanto (Wasis) dan Khoirul Badik – A. Yasid Kohar (Koko) bersama dengan Ketua dan anggota KPU, Panwas maupun kepolisian serta undangan lainnya.

Kemenangan pasangan. H. Mustofa Kamal Pasa SE– Dra. Hj. Choirun Nisa, MPd diterima legowo kedua pasangan dari incumbent dan independen yang disampaikan masing-masing saksi. Hanya saksi nomer urut 2 berharap jangan bedakan lawan atau dianaktirikan kelak dikemudian hari.

Melihat kondisi yang berakhir guyup ini, Kapolres Kabupaten Mojokerto, AKBP Drs. Onto Cahyono merasa lega. Ia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Mojokerto hingga acara yang diselenggarakan KPU ini berlangsung damai dan aman. Terkait peristiwa yang mewarnai selama tahapan pemilukada Mojokerto 2010 ia mengatakan lebih mendewasakan kita berpolitik. “ Jadi, siapapun pemenangnya adalah kemenangan rakyat yang harus kita dukung bersama,” katanya. * prayogi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s