Hasil Quick Count, Pasangan MY Raih 48 Persen Suara

oleh : Prayogi Waluyo

Hasil QC Suprimasi saat entry 98 persen data perolehan  Pilwali Kota Mojokerto 2013 dimenangkan pasangan MY (prayogi Waluyo)

Hasil QC Suprimasi saat entry 98 persen data perolehan Pilwali Kota Mojokerto 2013 dimenangkan pasangan MY (prayogi Waluyo)


MOJOKERTO (BM) – Hasil quick count Survei Prima Mandiri Indonesia(Suprimasi) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Mojokerto, pada Kamis (29/08), pasangan incumbent nomer urut 3 Mas,ud Yunus – Suyitno mendapat tertinggi perolehan suara 48,49 persen. Sementara peringkat kedua adalah nomer urut 5 Ayub Busono Listyawan-Mulyadi (ABDI) 38,25. Empat paslon lainnya dengan perolehan suara dibawah sekitar 5 persen.

Porelehan hasil quick count ini menggunakan acak bertingkat. Yaitu dari jumlah total 217 TPS diambil sampling 100 TPS dengan margin eror 1 persen dan proportionate stratified rondom sampling. Sedangkan Tim berjumlah 13 orang.
Analis Suprimasi, Nasrun Anadan mengatakan pihaknya menerjunkan anggota ke lapangan untuk melakukan penghitungan cepat di Kota Mojokerto. Sementara tiga anggota melakukan penggolahaan data. Hingga pukul 15.30 WIB, suara yang masuk awal sebanyak 30 persen.

“Ini baru masuk 30 persen suara, Achmad Rusyad Manfaluti-Risdy Harintoko (ARDY) 7,57 persen, Drajat Stariadji-Yanto (DY) 1,03 persen, Mas’ud Yunus-Suyitno (MY) 43,23 persen, Iwan Sulistyo-Edy Hartono (IEd) 4,63 persen, Abdi 39,41 persen dan Hendro Suwono-Warsito (NOTO) 4,12 persen. Kita akan update setiap 10 menit sekali,” katanya.

Data KPU Kota Mojokerto menyebutkan, DPT setelah perubahan tercatat 93.737 suara yang akan diperebutkan enam paslon walikota dan wawalikota dalam running Pilwali di kota kecil dengan dua kecamatan ini. Terdapat 220 TPS yang tersebar di dua kecamatan. Di Kecamatan Prajurit kulon dipasang 97 TPS dan 123 TPS di Kecamatan Magersari dipasang 123 TPS.

Cawali Achmad Rusyad Manfaluti mencoblos di TPS 10 Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari. Cawali Drajat Stariaji mencoblos di TPS 10 Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon. Cawali Mas’ud Yunus di TPS 6 Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon.

Sedangkan Cawali Iwan Sulistyo di TPS 9 Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari. Cawali Hendro Suwono di TPS Kelurahan Sentanan, Kecamatan Prajurit Kulon. Cawawali Suyitno di TPS 22 Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari. Cawawali Edy Suhartono di TPS Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari dan cawawali Mulyadi di TPS 8 Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari.

Sementara dari enam paslon, satu cawali dan tiga wawali tidak memiliki hak pilih dalam Pilwali karena tidak masuk DPT wilayah Kota Mojokerto. Cawali Ayub Busono Listiawan, merupakan warga Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Cawawali Risdy Harintoko, warga Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Cawawali Suyanto, warga Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Gedeg dan Warsito, warga Kabupaten Malang.

Dari 8 TPS Cawali dan Cawawali yang masuk dalam 100 acak bertingkat Suprimasi adalah TPS 06 Surodinawan tempat Mas’ud Yunus mencoblos. Perolehan suara di TPS tersebut dengan jumlah DPT 439 yakni Achmad Rusyad Manfaluti-Risdy Harintoko (ARDY) 18 suara. Drajat Stariadji-Yanto (DY) 1 suara Mas’ud Yunus-Suyitno (MY) 261 suara. Iwan
Sulistyo-Edy Hartono (IEd) 8 suara ABDI 80 suara sedangkan Hendro Suwono-Warsito (NOTO) 6 suara.

Sementara perolehan di TPS 05 Balongsari tempat Edy mencoblos dengan jumlah DPT 439 yaitu Achmad Rusyad Manfaluti-Risdy Harintoko (ARDY) 19 suara. Drajat Stariadji-Yanto (DY) 3 suara Mas’ud Yunus-Suyitno (MY) 163 suara. Iwan Sulistyo-Edy Hartono (IEd) 3 suara ABDI 191 suara sedangkan Hendro Suwono-Warsito (NOTO) 23 suara.

Menurut Kordinator Suprimasi, Huda mengatakan dari 8 TPS yang menjadi tempat nyoblos masing-masing cawali maupun cawawali hanya ada 2 TPS yang diambil acak masuk dalam daftar 100 TPS sebagai sampling. “ Kami tidak mengetahui apakah TPS tersebut tempat mereka menyoblos.

Sedangkan data yang dihimpun Berita Metro di TPS 08 Meri tempat cawawali Mulyadi menyoblos perolehan suara yang didapat ABDI adalah 175 dari DPT 432 dan yang nyoblos 374. Sedangkan MY dapat perolehan 172 suara.

Kemenangan pasangan incumbent ini sudah masuk dalam survey 2 pekan menjelang hari pelaksanaan yang dilakukan Tim Suprimasi. Hasil survey tersebut menyebutkan 59 persen mendukung pasangan incumbent. Sementara ABDI yang menempati peringkat kedua mendapat dukungan 26 persen. “Hasil survey itu bisa berubah dalam tempo diatas 3 bulan,” kata Huda.
Sementara Miftha Amanu, Komisioner KPU Kota Mojokerto mengatakan hasil resmi penghitungan perolehan suara para paslon, KPU Kota Mojokerto baru akan melakukan penghitungan tanggal 5 – 7 September mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s