Besut
SURABAYA: Kelompok Pertunjukan Rakyat (Pertura) JawaTimur berhasil terpilih dalam seleksi 9 besar Pertura se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Dengan demikian JawaTimur berhak mengikuti Festival Pertura tingkat nasional di Padang, Sumatera Utara, 24-25 Mei 2014.

Dalam festival tahunan ini, dimulai dari seleksi melalui rekaman video yang kali inidiikuti oleh 18 provinsi. Kemudian dari jumlah itu dipilih 9 (sembilan) peserta yang berhak mengikuti festival tingkat nasional yang kali ini diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat. Dari 9 peserta itulah yang nantinya akan dinilai secara langsung dalam pentas di atas panggung GOR AgusSalim Kota Padang untuk dipilih juaranya.

Sembilan provinsi yang terpilih berdasarkan rekaman video itu adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, JawaTimur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat dan Papua.

Sebelumnya, masing-masing provinsi menyelenggarakan seleksi tiap Bakorwil (BadanKoordinasi Wilayah) hingga ditemukan beberapa penampilan terbaik. Kebijakan yang dipilih Dinas Kominfo Jatim adalah, membuat kelompok baru dengan memberdayakan sebagian pemain dari grup terbaik itu. Maka jadilah sebuah grup bentukan baru dengan lakon yang baru pula.

Sesuai dengan aturan panitia pusat, calon peserta festival Pertura tingkat nasional harus mengirimkan rekaman videonya untuk diseleksi awal. Baru yang lolos seleksi dipentaskan di festival tingkat nasional.

Kali ini, grup Pertura JawaTimur menampil kanseni pertunjukan rakyat dengan gaya Besutan dengan lakon “Asmara Sumo Gambar”. SutradaraBambang SP, pemain dan pemusik terdiridari S. Djianto (Lamongan), Yuli (Kediri), Ratih Kumala Dewi (Bangkalan), Cahyono (Sidoarjo), Rizky (Bojonegoro), Ganefowati (Kediri), KetutSantoso (Surabaya) danTotok S (Bangkalan).

Iklan