Susut 14 Suara PKB Layangkan Gugatan

teks & foto : prayogi
DPC PKB Kabupaten Mojokerto menolak tanda tangan berita acara hasil rapat pleno KPUD dan menggugat KPUD Kabupaten ke MK (prayogi)
MOJOKERTO (BM) – DPC Partai Kebangkitan Nasional Kabupaten Mojokerto menyatakan tidak bersedia menandatangani berita acara penetapan kursi anggota DPRD Kabupaten Mojokerto periode 2014-2019. Bahkan salah satu partai Islam ini melayangkan surat gugatan ke Mahkama Konstitusi.

Pernyataan ini disampaikan Sekretaris DPC PKB Kabupaten Mojokerto, Abdul Gofar dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih Pileg 2014 yang digelar KPUD Kabupaten Mojokerto di Hotel Puri Srijaya, Pacet, Mojokerto Senin (12/05/2014).

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Mojokerto menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat ke Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (12/5/2014). Pasalnya, diduga ada penyusutan suara partai PKB di daerah pemilihan (dapil) Mojokerto 5 sebanyak 14 suara. Penyusutan suara ini membuat peluang PKB untuk mendapatkan satu kursi tambahan di dapil 5 menjadi musnah.

Menurutnya perolehan suara partai PKB di dapil 5 yang ditetap KPU sebanyak 20.847 suara. Jumlah ini menyusut 14 kursi dibandingkan dengan hasil penghitungan suara yang dilakukan internal PKB.”Gugatan hari ini kami layangkan ke MK, karena ada selisih suara perolehan partai sejumlah 14 suara. Penetapan perolehan suara PKB oleh KPU hari ini, berbeda dengan hasil penghitungan kami dari formulir C1,” jelas Gofar saat rapat pleno penetapan perolehan suara dan caleg terpilih di hotel Puri Srijaya, Pacet, Mojokerto, Senin (12/5/2014) petang.

Gofar menambahkan, selisih suara terjadi di dua TPS di Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Mojokerto. Yakni TPS 1 dan TPS 6. Upaya PKB untuk meminta hitung ulang tidak dikabulkan sepenuhnya oleh KPU. Padahal Panitia pengawas Pemilu Mojokerto telah memberikan rekomendasi untuk menghitung ulang perolehan suara partai dan caleg DPRD Kabupaten.

“Waktu rekapitulasi suara beberapa waktu lalu, KPU hanya mengabulkan hitung ulang untuk perolehan suara PKB saja, sementara partai lainnya tidak dihitung ulang, dan masih ada selisih suara dengan hitungan kami,” imbuhnya.

Dengan adanya selisih suara, Gofar menyatakan PKB tidak menanda tangani hasil rapat pleno penetapan perolehan suara khusus dapil 5. Sedangkan di dapil lainnya, pihaknya menyatakan telah sesuai dengan hasil penghitungan oleh internal partai.”Harapan kami, gugatan ke MK bisa dikabulkan. Apapun keputusan yang diberikan oleh MK akan kami terima. Apakah dilakukan penghitungan ulang atau seperti apa,” ungkapnya.

Dari data rekapitulasi KPU Mojokerto, perolehan suara PKB di dapil 5 sebanyak 20.847. PKB mendapatkan satu kursi dengan sisa suara partai 8.254 suara dengan caleg terpilih Edi Ikhwanto yang meraih 6.601 suara.

Didik Suhendro, pengamat politik yang juga mantan ketua KPU Mojokerto menjelaskan, jika ada penyusutan suara PKB sejumlah 14 suara, maka sisa suara PKB menjadi 8.268 suara. Dengan demikian, PKB masih berpeluang mendapatkan satu kursi lagi di dapil 5. Ini juga berpotensi menyingkirkan perolehan kursi Demokrat di dapil 5.

“Penghitungan tahap ke dua, sisa suara PKB yang mencapai 8.268 sama dengan perolehan suara Demokrat. Sehingga kalau gugatan PKB ke MK dikabulkan, PKB berpeluang mendapatkan satu kursi lagi di dapil 5,” jelas Didik.

Menanggapi gugatan PKB terhadap KPU ke MK, Ketua KPU Ayuhanafiq menegaskan, pihaknya akan mempersiapkan diri untuk menghadapi gugatan tersebut.”Kami akan mempersiapkan diri menghadapi gugatan PKB ke MK, apapun keputusan MK akan kami laksanankan. Namun kami belum tahu isi gugatannya,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s