Polres Mojokerto Tangkap Pembunuh Janda 61 Tahun di Rumah Saudaranya

naskah & foto : prayogi waluyo

Kapolres Mojokerto AKBP Muji Ediyanto didampingi Kasat Reskrim AKP Sony Setyo Widodo dan Pjs Kasubag Humas, Ahkadiat memperlihatkan barang bukti berikut Supaat pelaku pembunuhan. (prayogi)

Kapolres Mojokerto AKBP Muji Ediyanto didampingi Kasat Reskrim AKP Sony Setyo Widodo dan Pjs Kasubag Humas, Ahkadiat memperlihatkan barang bukti berikut Supaat pelaku pembunuhan. (prayogi)


MOJOKERTO (BM) – Pembunuh Suliati, janda berumur 61 tahun akhirnya ditangkap anggota SatReskrim Polres Kabupaten Mojokerto di rumah saudaranya, di Geluran, Sepanjang, Sidoarjo, Kamis (10/07) dini hari. Penangkapan tersangka hanya selang empat hari dari ditemukan mayat korban pada Senin (07/07) pukul 05.30.

Reaksi cepat anggota SatReskrim yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Sony Setyo Widodo patut mendapat apresiasi. Tempo belum sampai sepekan sudah berhasil mengungkap sekaligus menangkap pelaku pembunuhan seorang janda tua warga Dusun Bareng Desa Talok Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto yang dibunuh di dalam rumah korban, berikut uang dan perhiasan diambil pelaku, Minggu (06/07) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kapolres Mojokerto, AKBP Muji Ediyanto, mengatakan kecepatan anggotanya menangkap tersangka yang juga seorang residvis kali keempat ini, yaitu berawal dari nomer telepon selularnya. Selanjutnya ditelusuri menggunakan IT serta ditunjang alat bukti lainnya yang berhasil dikumpulkan.

Tersangka yang diketahui bernama Supaat (26) merupakan tetangga korban dan seorang pria beristri namun berstatus pengangguran. Kepada petugas, ia mengaku perhiasan emas milik korban, melalui saudaranya dijual ke salah satu toko emas di kawasan Pasar Pon Mojosari. Satu gelang emas seberat 6.200 gram dijual seharga Rp 1.435 ribu dan kalung emas dengan berat 3.780 gram laku dijual seharga Rp 885 ribu.

Uang hasil penjualan perhiasan emas dan uang tunai milik korban, oleh tersangka digunakan bersenang-senang di kawasan Prigen, Pasuruan. Selain itu tersangka juga mengaku digunakan untuk mencari keberadaan istrinya yang kabur bersama pria lain. Itulah yang menjadi alasan tersangka melakukan aksi kejahatan hingga menewaskan orang lain.

Seperti yang dituturkan tersangka kepada petugas, bawah aksinya berawal pada Jumat, (04/07). Kala itu pelaku berhasil masuk rumah korban dengan maksud mengambil surat-surat pembelian perhiasan emas yang dipakai korban. Dan pelaku berhasil mencuri surat-surat tersebut.

Selanjutnya pelaku berpikir bagaimana cara bisa mengambil perhiasan emas korban. Sehari kemudian, Sabtu (05/07) sekitar pukul 09.00 pelaku membuat tongkat pendek yang akan digunakan sebagai alat pemukul (pentungan.red). Pentungan inilah yang direncanakan akan dibuat untuk memukul korban.

Niat pelaku pun dilaksanakan pada Minggu (06/07). Sekitar pukul 20.30 pelaku masuk rumah korban yang masih dalam keadaan kosong karena korban belum pulang dari kerja. Setelah berhasil masuk lewat dinding rumah korban yang terbuat dari bambu dan keadaannya banyak berlubang, lalu pelaku menunggu korban di dalam rumah.

Nah…ketika korban memasuki rumahnya yang hanya berdinding bambu (gedek.red) dan beralas tanah, pelaku tanpa sepata kata langsung memukul tubuh korban sebanyak empat kali menggunakan tongkat bambu sepanjang 60 cm. Sontak korban tersungkur jatuh.

Selanjutnya pelaku mengambil gelang emas dan menarik kalung emas yang melingkar di leher korban. Setelah berhasil mendapatkan perhiasan emas milik korban, pelaku pun meninggalkan korban hingga esok harinya Senin (07/07) sekitar pukul 05.30 korban ditemukan istri keponakannya dalam keadaan meninggal dunia.

Akibat perbuatannya, kata Kapolres, pasal yang dikenakan kepada tersangka yaitu melanggar pasal Primer 340 KUHP Sub Pasal 399 KUHP. Dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana penjara hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun. (gie)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s