Walikota Mojokerto Beber Kekayaannya ke Publik

walikota-mojokerto-mas-ud-yunus-saat-menempelkan-poster-hasil-verifikasi-kpk-perihal-harta-kekayaannyadi-di-papan pengumuman-kantor-walikota-kamis-28-08-pagi-prayogi.jpg

walikota-mojokerto-mas-ud-yunus-saat-menempelkan-poster-hasil-verifikasi-kpk-perihal-harta-kekayaannyadi-di-papan pengumuman-kantor-walikota-kamis-28-08-pagi-prayogi.jpg

MOJOKERTO (BM) – Menjabat Walikota Mojokerto ternyata tak membuat Mas’ud Yunus silau atau tinggi hati. Sebaliknya pria ini malah dikenal sosok yang bersahaja dan sederhana. Bahkan harta kekayaan pribadinya Rp 445 juta.

Kekayaan Walikota Mojokerto periode 2013-2018 ini menyusut Rp 85 juta dibanding pada tahun 2011 yaitu Rp 530 juta. Siapa sangka kalau walikota belum memiliki kendaraan pribadi.

Tak salah kesederhanaan Mas’ud Yunus sudah sangat familiar di kalangan warga Kota Mojokerto. Sementara itu kekayaan yang dimiliki senilai Rp 445 juta hasil verivikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2013 itu sebagian besar merupakan warisan.

Meski menjabat walikota sejak Desember 2013, Mas’ud pun tak berubah. Pria ini masih tinggal di rumah dinas di Jalan Hayam Muruk Kota Mojokerto. Memang Mas’ud selama ini dikenal sebagai ulama yang tinggal di kampung Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Untuk penunjang tugas-tugasnya sebagai walikota Mas’ud Yunus memilih naik mobil dinas berplat merah jenis Toyota Altis. Sedangkan sang istri yang menjadi Ketua PKK Pemkot Mojokerto menggunakan mobil baru untuk operasional berupa Nissan Serena warnah putih berplat hitam.

Menariknya, supaya diketahui khalayak luas harta kekayaan pribadi Mas’ud Yunus mantan Wakil Walikota periode 2008-2013 sengaja menempelkan poster Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Lembaran kertas ukuran 1 x 2 meter.ini ditempel di papan pengumuman di Kantor Walikota bersama selembar surat dari deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Kamis (28/08) pagi.

Dalam surat KPK nomor B-1853/12/06/2014 yang disertai lampiran pengumuman harta kekayaan penyelenggara negara, nilai kekayaan Mas’ud Yunus ini mencapai Rp 530 juta pada tahun 2011. Sedangkan pada laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang sudah diverifikasi KPK pada tahun 2013, kekayaan Masud turun hingga Rp 85 juta menjadi Rp 445 juta.

Pada LHKPN tahun 2011, harta bergerak berupa mobil Suzuki Futura senilai Rp 45 juta dan sepeda motor Suzuki Shogung senilai Rp 6,5 juta dijual. Sehingga pada LHKPN tahun 2013, daftar aset tersebut dihapus. Selain itu, tanah seluas 140 meter persegi senilai Rp 13,6 juta yang dihibahkan juga dihapus daftarnya pada LHKPN tahun 2013.

Menurut Mas’ud Yunus pemasangan rincian kekayaannya itu sesuai amanat perundangan. Sebagai pejabat negara, Ia wajib menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Apalagi ada keputusan KPK yang harus mensyaratkan pelaporan itu di papan pengumuman di lingkungan kepala daerah bekerja.

“Ini adalah hasil kekayaan saya selama menjabat sebagai Wakil Walikota Mojokerto. Selanjutnya kekayaan selama jadi walikota belum dirinci KPK. Nanti, dua tahun setelah 2013 itu akan diumumkan kekayaan saya setelah jadi walikota,” kata Mas’ud.

Menurutnya pengumuman ini untuk transparansi dan goodgoverment, seorang pejabat negara harus bersih dan menerima gratifikasi harus sesuai aturan. “ Mudah-mudahan transparansi ini menjadi tauladan bagi pejabat lainnya,” ucap Mas’ud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s