PKB Pasca Pilpres 2014

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang identik dengan nama Green Party bakal bertransformasi menjadi partai rahmatan lil ‘alamin.
Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan rahmatan lil ‘alamin menjadi sebuah aksi nyata. “Sedang kita tuntaskan untuk membuatkan turunan dari tagline yang akan terus didorong mulai Muktamar PKB 2014,” ujarnya.

Setelah menemukan formula implikasinya, Cak Imin meminta para kader PKB harus sudah mampu menuntaskan pemahaman pada arti kalimat rahmatan lil ‘alamin menjadi aksi konkret di tengah masyarakat berupa gerakan publik.

“Dengan semangat tadi, kita bisa menjadi penengah bagi setiap konflik, juru damai, menjaga stabilitas kelompok minoritas, dan menjaga konflik yang ada agar tidak melebar. Outputnya nanti berupa Undang-Undang dan APBN,” harapnya.

Sementara Direktur Lembaga Penelitian Konsep Indonesia (Konsepindo) Research and Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman, di Jakarta menjelaskan Posisi PKB dalam koalisi Jokowi tidak bisa diremehkan. Partai koalisi pendukung Jokowi ini sangat berperan memenangkan Gubernur DKI Jakarta itu dalam kontestasi Pilpres 2014.

“Sangat terlihat peran PKB merupakan partai dengan perolehan suara terbesar kedua dalam koalisi Jokowi. Suara PKB di parlemen sangat menentukan penilaian terhadap kebijakan Jokowi nanti,” ungkapnya.

Veri mengingatkan Jokowi untuk tidak bermain – main dengan PKB. Jika PKB nantinya keluar dari koalisi Jokowi maka dipastikan Jokowi akan habis di parlemen. Pansus pilpres yang sudah dibicarakan DPR akan berlanjut dengan berbagai agendanya.

Hal ini juga akan semakin mendelegitimasi kekuasaan Jokowi. Presiden terpilih menurutnya harus mengerti kebutuhan partai sehingga dapat merangkulnya.

Veri menyatakan Jokowi secara individu memang kuat. Banyak figur berbagai kalangan mendukung. Namun kini, jokowi selaku pimpinan pemerintahan membutuhkan dukungan DPR. Jika DPR tidak sepenuhnya mendukung maka Jokowi akan mengalami hambatan. Salah satu kuncinya merangkul PKB dan salah satu parpol koalisi merah putih.

Veri juga memaparkan, PKB jangan terlalu ngotot minta menteri. PKB harus mendukung komitmen Jokowi yang mengusung koalisi tanpa syarat. Jadi ketika koalisi, PKB harus memahami semangat itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s