Satu Tersangka Pelaku Usaha Galian C Tak Berizin Ditahan Kejaksaan

Lima Tersangka Bakal Menyusul

Lokasi galian C yang diduga tidak mengantongi izin di Dusun Buluresik, Desa Manduro Mangun Gajah, Kecamatan Ngoro yang dikelola Agus Yudiono

Lokasi galian C yang diduga tidak mengantongi izin di Dusun Buluresik, Desa Manduro Mangun Gajah, Kecamatan Ngoro yang dikelola Agus Yudiono


MOJOKERTO (BM) – Setelah dilakukan penyidikan hingga beberapa pekan terakhir. Sat Reskrim Polres Mojokerto akhirnya menyerahkan berkas hasil penyidikan dari salah satu pelaku usaha galian C yang diduga tidak berizin di Dusun Buluresik, Desa Manduro Mangun Gajah, Kecamatan Ngoro, ke Kejaksaan Negeri (kejari) Mojokerto. Menyusul, setelah Polres menetapkan Agus Yudiono asal Waru Sidoarjo sebagai tersangka penambangan pasir dan batuan tanpa dilengkapi ijin.

’’ Hari Senin kemarin, berkas penyidikan tahap dua sudah diserahkan dari Polres ke Kejari beserta tersangka yang bernama Agus Yudiono,’’kata Erfan Efendi salah satu tim penyidik Kejari Selasa (9/9).

Menurutnya, selain penyerahan berkas, pihaknya sudah melakukan penahanan terhadap tersangka. ’’ Tersangka sudah kita tahan, tinggal proses persidangan di pengadilan negeri,’’tambah Erfan saat meninggalkan gedung lantai dua Sat Reskrim Polres Mojokerto.

Kendati Polres Mojokerto menetapkan empat tersangka dalam kasus serupa. Empat tersangka adalah H. Rochmad pemilik pertambangan di Desa Ngembeh, Kecamatan Dlanggu; Parjo pemilik pertambangan di Dusun Semambung Desa Sumberagung, Kecamatan Jatirejo

Sedangkan Agus Yudiono asal Waru, Sidoarjo menjalankan usaha pertambangan batuan di Dusun Buluresik Desa Manduro Mangun Gajah, Kecamatan Ngoro yang disebut-sebut mengambil alih pertambangan milik H. Muhkid warga Trowulan Mojokerto.

Tersangka keempat Mohamad Anwar pelaku usaha juga Kades di Desa Karangdiyeng, Kecamatan Kutorejo yang melakukan aktifitas usaha pertambangan di Desa Karangdiyeng.

Kapolres Mojokerto AKBP Muji Ediyanto mengatakan, pihaknya telah melimpahkan beberapa berkas dari para tersangka. ‘’Yang jelas ada yang berkasnya sudah masuk dan dinyatakan P21. Kalau ngak salah hampir semua. Namun kami lupa detailnya, coba hubungi Kasat Reskrim saja ya,’’kata Muji saat dihubungi kemarin petang.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Sony Setyo Widodo menegaskan, hingga saat ini pihaknya terus melengkapi berkas. Sebab, berkas yang akan dilimpahkan berbeda laporan polisi (LP). ’’ Ya memang macam-macam, kalau tidak salah ada 7 LP. Yang sudah masuk tahap dua, adalah tersangka Agus yang sudah lengkap. Sedangkan yang lainnya masih tahap 1.

Untuk berkas tersangka bernama Minun, Senedi, Parjo dan Winarto serta Anwar masih tahap satu. Dan reskrim masih menunggu berkas dipelajari Kejari selama 14 harus. “Jika ada yang masih belum lengkap, kita akan penuhi dulu baru kita nyatakan tahap 2 dan kita serahkan lagi,’’beber lelaki mantan Propam Polda Jatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s