Pemkab Mojokerto Kembali Gelar Lomba Dayung Perahu Naga Berhadiah Uang Tunai Rp 82,5 Juta

Sebanyak 52 tim ikut di lomba dayung perahu naga tahun 2015

Sebanyak 52 tim ikut di lomba dayung perahu naga tahun 2015

naskah & foto : prayogi waluyo

MOJOKERTO – Sebanyak 52 tim beradu cepat untuk memperebutkan hadiah uang tunai Rp 82,5 juta dalam perlombaan dayung perahu naga di kawasan wisata Taman Brantas Indah (TBI) Kabupaten Mojokerto pada Rabu (27/05).

Agenda tahunan wisata dari Dinas Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto berlangsung meriah. Ratusan penonton dan pendukung tim berjubel memadati tepian Sungai Brantas di dalam TBI.

Sebanyak 5 perahu berkepala naga terlihat bersandar di ‘dermaga’ dari bambu yang terpasang di tepi sungai. Peserta lomba sibuk menyiap diri dengan memakai rompi pelampung dan dayung yang disiapkan panitia.

Panitia lomba yang juga Kabid Olahraga Disporabudpar Kabupaten Mojokerto, Nano Purwana mengatakan, lomba dayung perahu naga ini diikuti 52 tim dari sejumlah instansi dan lembaga. Antara lain dari kepolisian, TNI, Muspika, karang taruna, SPN, rumah sakit, SKPD Pemkab Mojokerto, hingga Jasa Tirta.

“Perlombaan ini untuk memperkenalkan olahraga air di Sungai Brantas. Majapahit kan negara maritim. Coba kami kenalkan dan kami kaitkan dengan kejayaan Majapahit. Tentunya juga memberikan hiburan untuk warga Mojokerto,” kata Nano kepada wartawan di lokasi.

Sorak sorai bercampur dukungan terlontar dari ratusan penonton di tepi sungai saat tim mulai mengayuh dayungnya. Genderang berderu kencang yang ditabuh setiap tim di perahu naga, menambah kemeriahan perlombaan ini.

Perahu meluncur deras memecah ketengan Sungai Brantas. Setiap tim beradu cepat saling menyalip untuk menjadi yang terdepan di lintasan sepanjang 500 meter. Insiden perahu bertabrakan hingga terguling mewarnai lomba dayung perahu naga. Pemandangan seru itu membuat penonton tegang bercambur gembira.

“Hari ini dan besok babak penyisihan, tanggal 30 nanti babak final. Kami ambil 3 juara utama dan 3 juara harapan. Total hadiah uang tunai Rp 82,5 juta,” ungkap Nano.

Perlombaan yang digelar ke 3 kalinya ini, lanjut Nano, sekaligus memeriahkan hari jadi Kabupaten Mojokerto yang ke 722. Adanya perlombaan ini berimbas pada terbentuknya cabang olahraga perahu naga di Mojokerto. Fasilitas berupa tempat dan peralatan yang ada diharapkan bisa menjaring bibit atlet dayung dari kalangan pelajar.

“Juga untuk pembibitan atlet dayung bagi siswa yang berminat dengan olahraga air. Di Jatim baru ada 9 pemda yang memiliki cabor dayung perahu naga. Juni nanti akan diadakan Kejurda se Jatim di Mojokerto,” sebutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s